Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Penjualan Online Dengan Brand Awareness Di Jamin Ampuh

 Cara Meningkatkan Penjualan Online Dengan Brand Awareness Di Jamin Ampuh

Mungkin tanpa kita sadari begitu banyak Brand produk yang ada di sekitar kita, tidak peduli produk yang di maksud itu benda atau jasa. Pasti dibelakang produk tersebut terdapat Brand dari perusahaan.

Mulai dari produk minuman Aqua, sepatu Nike, handphone Apple dan lainnya. Semua itu produk yang sudah di kenal oleh seluruh dunia. Dalam membangun Brand Awareness tidak jarang perusahaan memanfaatkan begitu banyak media untuk membuat para konsumen tertarik untuk membeli barangnya.

Lalu Apa itu Brand Awareness?



Brand Awareness adalah kesadaran masyarakat untuk mengenal sebuah merek, produk, ataupun Jasa. Brand Awareness sangatlah penting karena konsumen lebih suka membeli produk yang sudah dikenalnya. Brand Awareness sangatlah penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat umum.


Tentunya kesadaran merek ini perlu dibangun karena hal ini dapat mempengaruhi pembeli untuk mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut.

Masih ingat dengan KFC restoran fast food yang menjual ayam goreng yang sekarang sudah terkenal dan memiliki cabang di seluruh dunia, tidak lama dari itu banyak yang mulai mengikuti KFC untuk membuka restoran fast food akan tetapi tentunya bagi orang yang sudah suka dengan restoran KFC tentu tidak akan pergi ke lain hati, meskipun sekarang harga satu kali makan di KFC kita harus merogoh kocek yang cukup mahal.


Tujuan Brand Awareness tentunya agar membuat pelanggan menjadi loyal terhadap produk kita. Hal ini tentu membuat pembeli jika ingin membeli produk yang diinginkan secara sadar atau tidak sadar akan memilih brand produk tersebut.


Dalam proses branding tentunya kita harus membuat sebuah identitas merek yang unik, dalam menciptakan brand produk harus mewakilkan perusahaan tersebut, dan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh merek lain. Semakin unik dan baik brand yang kita buat akan membuat semakin mudah diingat oleh masyarakat banyak.


Dengan meningkatkan brand awareness tentunya akan membawakan tanggapan dari masyarakat luas, jika tanggapannya positif otomatis akan mendorong pemikiran masyarakat atas brand milik kita dan membuat penjualan produk kita di masyarakat luas.

Bagaimana cara meningkatkan brand awareness?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun Brand Awareness(Kesadaran Merek). Berikut BigSeller akan membagikan bagaimana cara meningkatkan Brand Awareness:


1. Meningkatkan Kualitas Produk

Sebelum melakukan promosi pastikan produk yang anda ingin bangun kesadaran mereknya adalah produk yang cukup berkualitas dan dapat bersaing dengan merek saingan. Dalam meningkatkan kualitas produk kita dapat menonjolkan kelebihan yang di miliki produk kita.


Pastikan produk anda dapat memenuhi kebutuhan konsumen, jika produk kita dapat memenuhi kebutuhan konsumen Brand Awareness anda akan berjalan ke arah positif, dan pembeli akan secara suka rela untuk membeli produk anda, karena sudah tau manfaat yang akan di dapatkan.


2. Membuat desain yang menarik

Desain yang menarik dimaksud adalah membuat desain produk, logo, program dsb. Desain disini merupakan keseluruhan desain perusahaan.


Usahakan Buat Desain yang sederhana, mudah diingat dan eye catching. Dengan begitu membuat para konsumen tidak akan kesulitan untuk mengingat Logo perusahaan, sehingga lebih mudah untuk mengenali keberadaan perusahaan.


Desain yang di buat harus dapat digunakan diberbagai platform jadi usahakan membuat desain yang dapat di letakan di berbagai aspek promosi.

Kemudian buatlah desain promo banner, poster, website, media sosial, kartu nama dan dokumen lainnya. Kemudian buatlah Tagline yang sederhana tetapi mewakili perusahaan.


3. Freemium( Gratis dan Premium)

Metode ini merupakan mengabungkan produk yang gratis dan premium. Model promosi ini adalah memberikan pelanggan untuk mencoba produk atau layanan secara cuma-cuma.


Tentu metode ini lebih sering digunakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa atau layanan. Seperti yang anda tahu BigSeller adalah perusahaan yang berbasis omnichannel yang dapat digunakan oleh pelanggan secara GRATIS.

Siapa yang tidak suka gratis apalagi jasa yang ditawarkan berkualitas premium. Tujuan utama dari gratis ini adalah membuat layanan yang baik, dan membuat Brand Awarness yang positif, sehingga jika layanan ini mulai berbayar pelanggan tetap juga tidak akan pindah ke lain hati.


4. Mengikuti Event

Event merupakan salah satu tempat yang penting untuk memperkenalkan produk, karena di dalam event pasti ada begitu banyak orang dari berbagai macam orang yang datang. Contohnya kita dapat menghadiri sebuah bazar export, di tempat seperti ini tujuan kita bukanlah berjualan, melainkan memperkenalkan produk dan kesadaran merek atas produk yang kita miliki.

Selain itu penguna dapat melihat merek produk secara langsung, dan dapat langsung melihat wujud produk, kegunaan, dan manfaat yang ditawarkan dari produk tersebut. Sehingga banyak pembeli merasa semakin familiar akan produk tersebut.


5. Aktif di Media Sosial

Salah satu cara terbaik meningkatkan Brand Awareness adalah dengan memanfaatkan media sosial. Aktif di media sosial agar perusahaan kita dapat terus berinteraktif dengan konsumen, tujuannya adalah mendekatkan diri dengan para pelanggan. Sebab di media sosial sendiri terdapat 150 juta orang mengunakan media sosial di Indonesia. Tentu akan sangat efektif jika kita mengunakan media sosial mengingatkan pelanggan akan kesadaran merek perusahaan kita.


Demikianlah cara menaikkan penjualan online kalian dengan brand awereness semoga setelah kita memperaktekannya penjualan online Shop kita menjadi meningkat.