Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cerdas Berjualan Produk Digital di Shopee, Bebas Ongkir!

Cara Berjualan Produk Digital
Cara Berjualan Produk Digital

Artikel kali ini akan membahas mengenai Cara Berjualan Produk Digital di Shopee, jadi jika Anda sedang mencari cara menjual produk non fisik, seperti jasa, kode, program atau hal lainnya yang bukan fisik, maka sepertinya artikel ini tepat buat Anda.

Lantas bagaimana caranya?

Kami tahu kok, Anda sudah tidak sabar, oke, langsung saja kalau begitu, begini cara berjualan produk non fisik di Shopee :

  1. Pertama, Anda harus mempunyai toko dahulu di Shopee. Jika Anda belum punya, silahkan segera buat, caranya mudah kok, satu hal penting dalam membuat toko di shopee, pastikan profil toko Anda lengkap, seperti foto dan data lainnya yang diminta pihak Shopee.
  2. Baik, Setelah Anda punya toko-nya, dimana saat ini Anda hanya bisa menjual produk fisik di toko tersebut. Namun bukan itu-kan yang Anda inginkan, Anda ingin menjual produk digital-kan, jika memang begitu, silahkan lanjut baca panduan ini.
  3. Setelah Anda mempunyai toko, seleanjutnya silahkan buka toko Anda yang ada di Shopee, bisa dengan menggunakan smartphone, laptop, atau komputer. Jika punya laptop atau komputer, disarankan menggunakan salah satunya, supaya lebih jelas ngelihatnya, kalau di HP-kan kecil ya, tapi tidak masalah jika yang dimiliki hanya handphone.
  4. Setelah itu silahkan cari menu Chat dengan Shopee, jika sudah ketemu, silahkan di klik.
  5. Setelah Anda klik menu Chat dengan Shopee-nya, maka akan ada customer service Shopee yang akan menanggapi chat. Jangan buru-buru nge-chat ya, silahkan ikuti langkah setelah ini.
  6. Oke, setelah masuk ke halaman chatting, silahkan pilih Chat with Live Agent, itu artinya, nanti chatting-an Anda akan dibalas oleh CS manusia, bukan robot atau AI.
  7. Selanjutnya, setelah Anda klik Chat with Live Agent, maka akan muncul pop up dengan tulisan “Silahkan klik chat dengan Agen Shopee, Chat dengan Customer Service Shopee”, silahkan klik pop up tersebut.
  8. Setelah itu akan muncul pop up notifikasi lagi, yang bertuliskan “Saya adalah”, silahkan pilih Penjual (Merchant).
  9. Selanjutnya, akan muncul lagi pop up dengan tulisan “Saya ingin bertanya tentang”, maka silahkan pilih Pertanyaan Lainnya.
  10. Setelah itu, silahkan ditunggu saja, maka dalam beberapa waktu tertentu (biasanya tak terlalu lama) akan ada customer services Shopee yang menanggapi permintaan chat Anda.
  11. Nah, sekarang saatnya Anda memberi tahu ke CS tersebut mengenai apa yang Anda butuhkan, Anda bisa mulai chat dengan kalimat seperti ini “Halo kak, bagaimana agar saya bisa berjualan produk non fisik di Shopee?”, atau kurang lebih seperti itu.
  12. Setelah Anda mengirimkan pesan tersebut, biasanya customer service akan mengonfirmasi pertanyaan Anda dengan memastikan, seperti “Jadi kakak ingin berjualan fitur non fisik ya kak?”, nah Anda cukup jawab dengan “Iya Kak” atau semacamnya.
  13. Maka setelah itu, biasanya, CS Shopee akan memberikan link pengajuan Fitur Termasuk Ongkos Kirim.
  14. Selanjutnya, sampai sini berarti misi Anda sudah selesai, karena sebenarnya formulir termasuk ongkos kirim inilah yang dibutuhkan untuk bisa membuat toko Anda berjualan produk digital, namun sebelum Anda klik link tersebut, silahkan ucapkan terimakasih kepada customer service yang sudah melayani.
  15. Nah, setelah Anda mengucapkan terimakasih kepada CS yang melayani Anda, dan Anda sudah klik link-nya, maka Anda akan diminta untuk mengisi data-data.
  16. Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah, Anda harus mengisi dan memberikan data-data yang diminta, sebagaimana tersebut di dalam formulir itu, pastikan sesuai dengan KTP, dan jika Anda foto yang diminta, fotonya harus jelas.
  17. Setelah semua data diisi dengan baik dan benar, beserta foto yang diminta tentunya, selanjutnya, silahkan klik kirim. Setelah itu, pihak Shopee akan memverifikasinya, silahkan tunggu jawabannya dari Shopee, biasanya akan diberitahu dalam waktu 3 sampai 5 hari kerja.

Nah begitulah tata cara mengajukan permohonan ke Shopee untuk bisa menjual produk non-fisik atau produk digital.

Jika pengajuan Anda disetujuhi, maka akan muncul fitur “Termasuk Ongkos Kirim” dalam akun Anda.

Demikian artikel mengenai Cara Berjualan Produk Digital di Shopee, semoga setelah membaca tulisan ini, Anda bisa mendapatkan insight yang bagus, membantu, dan memberikan dampak positif.