Ketahui Dulu Tips Lolos Beasiswa LPDP Luar Negeri Sebelum Daftar

Perlu kesiapan yang matang untuk bisa mendapat kesempatan beasiswa di jenjang kuliah. Berikut tips lolos beasiswa LPDP luar negeri yang bisa kamu coba
Beasiswa LPDP
Beasiswa LPDP

Melanjutkan studi pendidikan ke luar negeri mengharuskan kamu agar menyiapkan rencana keuangan yang baik. Namun, tidak ada salahnya jika mencoba tips lolos beasiswa LPDP luar negeri berikut ini agar masalah keuanganmu dapat teratasi.

Beasiswa LPDP adalah satu diantara jenis bantuan pendidikan yang dikeluarkan oleh Kemenkeu. Beasiswa ini dapat diperoleh untuk keperluan kuliah dalam negeri maupun luar negeri.

Mengenal Apa Itu Beasiswa LPDP?

Merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, beasiswa LPDP berada dibawah naungan 3 kementerian, tak lain Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan, dan Kementerian Agama.

Ada setidaknya 5 jenis program yang termasuk dalam kategori beasiswa ini. Masing-masing yakni Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Tesis dan Disertasi, Beasiswa Spesialis Kedokteran, Beasiswa Presiden, dan yang paling dicari yakni Beasiswa Magister dan Dokter teruntuk kamu yang ingin kuliah S2/S3 di dalam negeri maupun luar negeri.

Tips Lolos Beasiswa LPDP Luar Negeri

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri memang menjadi primadona di Indonesia. Masalahnya, keuangan atau budget seringkali menjadi momok yang selalu jadi penghambat.

Solusinya! Kamu perlu melanjutkan pendidikan kuliah luar negeri dengan beasiswa, salah satunya LPDP.

Tentu saja karena beasiswa ini cukup meyakinkan dalam membiayai studi, bukan perkara yang mudah untuk kamu mampu mendapatkannya. Untuk itu, pastikan kamu membaca tips lolos beasiswa LPDP luar negeri berikut ini.

1. Cari informasi secara rutin

Informasi mengenai syarat, ketentuan, dan prosedur pendaftaran beasiswa LPDP memang tidak begitu berbeda dari tahun ke tahun. Namun pastikan kamu tetap meninjaunya secara rutin agar persiapanmu dapat dilakuan sejalan dengan administratif beasiswa kuliah luar negeri yang kamu inginkan.

2. Lengkapi persyaratan khusus dan opsional

Informasi lengkap beasiswa LPDP Kemenkeu dapat dilihat di laman resmi lpdp.depkeu.go.id. Di dalamnya akan ada teknis berjalannya beasiswa LPDP mulai dari tahap persiapan/pendaftaran hingga finalisasi.

Terkait administrasi pendaftaran, kamu akan diminta untuk memberikan data persyaratan khusus dan opsional. Lengkapi persyaratan khusus sedini mungkin sebelum masa pendaftaran berakhir.

Adapun persyaratan opsional dapat berupa sertifikasi yang dibutuhkan untuk jenjang pendidikanmu atau mungkin lainnya. Meskipun tidak wajib, kamu harus mengusahakan ketersediaannya agar peluang lolosmu semakin besar.

3. Merencanakan target studi 

Jika kamu pernah mengunjungi website beasiswa LPDP, kamu mungkin pernah membaca bagaimana kualifikasi calon penerima bantuan yang layak menerima beasiswa kuliah luar negeri. Untuk itu, siapkan dengan baik rencana dan strategimu selama menempuh pendidikan nantinya.

4. Membuat essay yang bagus

Essay adalah satu diantara persyaratan khusus beasiswa LPDP yang wajib kamu buat. Tidak seperti saat kamu mengikuti event essay pada umumnya. Essay di beasiswa LPDP ditujukan untuk mempresentasikan diri kamu sendiri. Dalam artian, essay menerangkan tentang diri dan potensi yang kamu miliki.

Mengingat essay akan ada peluang untuk dipertanyakan saat wawancara nanti, pastikan kamu membuatnya dengan jujur. Jika kesulitan, kamu bisa menghubungi awardee (penerima) LPDP yang dikenal untuk memberi gambaran essay.

Satu lagi! Karena tujuan studimu adalah keluar negeri, maka buatlah essay dalam bentuk bahasa Inggris.

5. Siapkan kemampuan bahasa Inggris aktif

Maksud kemampuan secara aktif yaitu kamu benar-benar harus menguasai bagian penting dari bahasa Inggris. Sebab, sejak pendaftaran kamu akan dibiasakan dengan hal-hal yang menggunakan bahasa Inggris, baik itu berupa tes akademik/non, hingga tahap wawancara.

Jangan lupa score TOEFL/IELTS, ikutilah tes dengan sebaik mungkin sehingga kamu memperoleh skor meyakinkan untuk melamar beasiswa LPDP luar negeri ini.

6. Latihan mengikuti seleksi beasiswa LPDP 

Penerimaan beasiswa LPDP dilakukan dalam beberapa tahapan seleksi. Tahapan ini dimulai dari seleksi administrasi, bakat skolastik, dan substansi.

Tes bakat skolastik merupakan seleksi untuk mengukur kemampuan kognitif dan intelegensi. Kamu perlu latihan dengan giat agar lolos dari tahapan ini. Atau jika kamu sudah memiliki Letter of Acceptance (LoA), maka kewajibanmu mengikuti TBS gugur.

Adapun seleksi substansi memuat verifikasi berkas, menulis essay on the spot, leaderless group discussion (LGD), dan wawancara. Kemampuanmu menulis dan kepekaan terhadap sesuatu dinilai pada tahapan ini. Untuk itu pastikan berlatih dengan giat agar mampu melewatinya.

Demikian tips lolos beasiswa LPDP luar negeri yang wajib kamu lakukan. Perhatikan tahapan demi tahapan yang harus disiapkan. Selain itu kamu juga harus jeli melihat tingkat persaingan selama proses mengikuti seleksi.

 

© Info Terviral. All rights reserved. Developed by Jago Desain