Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Surat Yasin yang Penuh Makna dalam Kehidupan Umat Muslim

Surat Yasin
Surat Yasin

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh saudara mulsim dan muslimah yang dimuliakan Allah SWT. Bagaimana kabarnya? Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan karunia oleh Allah SWT agar dapat terus belajar di dunia ini. Pada dasarnya, sebagai manusia, kita akan terus belajar selama hidup di dunia, tak peduli berapa usia kita. Begitu juga dengan mencari berbagai makna dalam surah-surah yang terkandung dalam Al-Quran sebagai pedoman hidup kita. Salah satunya adalah makna yang terkandung dalam surat Yasin yang berjumlah 83 ayat.

Kita bisa merasakan kekuasaan Allah SWT melalui surat ini. Di mana berbagai ayat yang ada di dalamnya menyimpan ribuan makna yang mendalam. Salah satunya adalah tanda kebesaran Allah SWT. 

Makna dalam Surat Yasin

Dalam surat Yasin ayat 1 sampai 12 mengandung makna tentang tujuan dari wahyu Al Quran. Di mana dalam ayat-ayat tersebut juga terdapat petunjuk dari Rasulullah SAW tentang kebesaran Allah SWT. Seperti halnya pada ayat ke 6 yang berbunyi, 

لِتُنذِرَ قَوْمًا مَّآ أُنذِرَ ءَابَآؤُهُمْ فَهُمْ غَٰفِلُونَ

Litunzira qaumam ma unzira aba’uhum fa hum gafilun

Artinya: “Agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang pendahulunya belum pernah diberi peringatan, sehingga mereka lalai.” (QS Yasin:6)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa Rasulullah SAW mendapat perintah untuk memberi petunjuk untuk menyembah Allah SWT dan mengikuti semua perintahNya juga menjauhi laranganNya. Begitu juga dengan kita sebagai umat Muslim yang soleh, setidaknya juga memberikan arahan yang benar kepada orang-orang sekitar kita untuk berjalan ke jalan yang lurus. 

Pada saat zaman itu, mereka dianggap lalai karena belum mendapat petunjuk dan arahan. Kini kita sebagai umat Muslim yang modern, setidaknya sudah mendapat kenikmatan berupa ilmu, sehingga kita wajib mengikuti ilmu kebenaran tersebut. Di mana kita wajib berjalan di jalan yang benar.

Waktu yang Pas untuk Membacanya 

Ilmu bisa kita dapatkan dari Al Quran atau sekeliling kita seperti berbagai kumpulan orang soleh, dan sebagainya. Jangan patah semangat untuk mendapatkan ilmu kebenaran di dunia ini. Karena sampai kapan pun, kita wajib terus belajar hingga Izrail menghampiri kita.

Surat Yasin yang merupakan surah ke 36 di dalam Al Quran memiliki makna yang mendalam sebagai pedoman kehidupan kita di dunia ini. Pada umumnya, surat ini kita bacakan ketika ada orang yang sakit atau meninggal dunia, juga kita bacakan pada saat malam Jumat. 

Seperti yang kita ketahui bahwa hari Jumat adalah hari yang sangat spesial bagi umat Muslim di antara hari-hari lain dalam satu minggu. Sehingga, membaca surat Yasin atau ayat suci Al Quran di malam jumat merupakan salah satu Sunnah Rasul yang bisa kita lakukan. 

Waktu yang tepat untuk membaca Surat Yasin adalah di malam hari seperti sabda Rasulullah SAW yang berbunyi, “Siapa yang membaca Surat Yasin di malam hari atas dasar Ridho Allah SWT, maka ia akan mendapatkan pengampunan dari Nya.”

Pedoman Hidup yang Lurus

Begitu dalam makna yang tersyirat dalam surat ini. Selain itu, juga tersisip doa-doa untuk kebaikan diri kita agar berada di jalan yang lurus selamanya. 

Ketika kita mencari surat Yasin ada di halaman berapa, jawabannya bervariasi. Karena cetakan Al Quran berbeda-beda halaman, tergantung dari ukuran tulisannya. Namun yang pastinya, ketika mencarinya, kita bisa mencari di Juz 22-23 di Al Quran.

Itulah sedikit informasi tenatng Surat Yasin yang penuh makna tentang ajaran Islam. Masih banyak lagi makna yang tersimpan pada surat yang berisikan 83 ayat tersebut. Selama kita terus belajar dengan berbagai media yang ada, Insya Allah keberkahan selalu menyelimuti kehidupan kita. Amin.