Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Amalan Pembuka Rezeki Dalam Islam, Baca Yuk!

Amalan Pembuka Rezeki
Amalan Pembuka Rezeki

Setiap manusia memang sudah digariskan untuk mendapatkan rezekinya masing-masing. Namun, sebagai umat muslim Anda juga bisa mencoba beberapa hal yang dapat menjadi pembuka rezeki dalam Islam.

Dalam kehidupan sehari-hari, memang terdapat banyak amalan yang bisa dilakukan oleh umat Islam. Amalan ini salah satunya amalan pembuka pintu rejeki dimana salah satunya bisa kalian lakukan dengan zikir pembuka rezeki.

Allah SWT memang memberikan perintah pada umatnya untuk senantiasa berzikir agar dapat membuka rezeki. Untuk itulah amalan zikir ini tak boleh lepas dan harus dibiasakan oleh umat muslim sehingga rejekinya dapat mengalir deras.

Lantas, apa sajakah amalan pembuka rezeki yang bisa dilakukan umat Muslim untuk membuka pintu rejeki? Tak perlu berlama-lama, ini dia yang bisa dicoba untuk membuka pintu rejeki.

Amalan-Amalan Pembuka Pintu Rejeki

Di bawah ini merupakan beberapa amalan pembuka rejeki yang bisa Anda coba lakukan. Harapannya, dengan mempraktekkan berbagai amalan yang akan disebutkan nanti, kita sebagai umat Muslim bisa mendapatkan rejeki dengan cukup, sehingga lebih mudah ketika harus menjalani kehidupan sehari-hari.

1. Istighfar

Amalan pembuka rejeki dalam Islam yang pertama ialah beristighfar. Hal ini tertuang dalam firman Allah Q.S Nuh ayat 10-12 yang mengandung arti berikut ini.

Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS. Nuh: 10-12).”

2. Memperbanyak Sedekah

Memperbanyak sedekah juga termasuk amalan yang dapat membuka rejeki bagi umat Islam.

Dalam Q.S Saba:39 disebutkan bahwa “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya).' Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.”

Memperbanyak sedekah memang tidak membuat seseorang menjadi miskin ataupun mengurangi harta kita. Dengan sedekah, maka Allah SWT akan menggantikan rejeki kamu berkali-kali lipat.

Sedekah ini juga bisa membuat harta yang kamu miliki akan lebih diberkahi, selain itu, dengan melakukan sedekah maka Anda akan dihindarkan dari berbagai dampak bahaya.

Apabila kalian tidak memiliki harta cukup dan masih merasa kekurangan harta walau telah bersedekah, maka kekurangan harta tersebut akan ditutup dengan keberkahan-Nya.

Walaupun secara bentuk harta kamu tersebut berkurang akibat bersedekah, namun kekurangan tadi nantinya akan ditutup dengan pahala yang melimpah di sisi Allah SWT. Kemudian akan ditambah lagi dengan kelipatan yang juga amat banyak.

3. Menjalin Silaturahmi

Selanjutnya, terdapat amalan pembuka rejeki bagi umat Islam, yakni menjalin silaturahmi. Terdapat banyak hadist yang menyatakan bahwa senantiasa menjalin silaturahmi dapat melapangkan dan meluaskan rejeki yang didapatkan. Bahkan, Allah SWT juga akan memberkahi rejeki tersebut.

Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahim." (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557).

Adapun silaturahmi ini, yang dimaksudkan yakni, untuk kerabat dimana memiliki hubungan nasab mewarisi atau tidak, ataupun yang masih terdapat hubungan mahrom ataupun tidak.

4. Bertakwa Kepada Allah

Amalan pembuka rejeki yang selanjutnya yakni bertakwa kepada Allah SWT. Allah SWT sendiri berfirman dalam QS. Ath-Thalaq 2-3  “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan Barangsiapa bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.”

Bertakwa sendiri berarti bahwa seseorang tersebut beramal dan taat pada Allah SWT sesuai petunjuk dan perintah dari Allah SWT.

Anda juga harus meninggalkan berbagai maksiat, memperhatikan dan melkasanan berbagai petunjuk dari Allah SWT, serta harus takut dengan siksa-Nya.

5. Melakukan Haji dan Umrah

Ketika Anda menunaikan haji dan umrah, ini juga termasuk sebagai amalan pembuka rejeki bagi umat Islam. Hal ini juga disebutkan dalam hadits Tirmidzi no.810 yaitu “Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak.”

6. Memperbanyak Doa Minta Rezeki

Selanjutnya, Anda juga bisa semakin memperbanyak doa minta rejeki. Doa minta rejeki ini juga masuk dalam deretan amalan pembuka rejeki. Adapun doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk melancarkan rejeki yaitu.

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Adapun arti dari doa tersebut yaitu “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu, ilmu yang juga bermanfaat (untuk diriku maupun orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu juga mendapatkan ganjaran yang baik).”

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga pernah mengajarkan doa lain yang bisa membukakan pintu rejeki, yakni sebagai berikut.

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya yaitu “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no 3563).

7. Memperbanyak Bersyukur

Amalan agar membukakan pintu rejeki selanjutnya ialah memperbanyak bersyukur. Anjuran mengenai senantiasa bersyukur ini telah disebutkan dalam Q.S Ibrahim 14:7 yang artinya:

 “Dan ingatlah, ketika Tuhanmu memaklumkan maka sesungguhnya jika kamu bersyukur maka Aku akan menambah (kenikmatan) kepadamu. Dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

8. Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti kepada orang tua juga termasuk sebagai amalan pembuka rejeki yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini tertuang dalam hadist HR. Ahmad Abu Ya’ala yang artinya:

Barangsiapa yang berbakti kepada orangtuanya, maka dia akan mendapatkan keberuntungan yang besar dan Allah juga akan memperpanjang umurnya.”

Berdasarkan hadist tersebut, maka sebagai umat muslim Anda dianjurkan untuk senantiasa berbakti kepada orang tua. Dengan berbakti pada orang tua ini maka Anda akan lebih dilancarkan rejeki Anda sekaligus menambah umur Anda di dunia.

Selama orang tua masih hidup, perlakukanlah merek sebaik mungkin dan terus berbakti kepada orang tua. Jangan sakiti hati orang tua dan sia-siakan mereka karena sudah kodratnya bagi seorang anak untuk menghormati dan berbakti pada orang tua.

9. Zikir Pembuka Rejeki

Amalan yang juga dipercaya bisa membuka rejeki umat muslim yaitu berdzikir. Zikir ini memang dipercaya sebagai amalan yang dapat melapangkan rejeki dan mempermudah segala urusan di dunia akhirat.

Berikut adalah bacaan dzikir yang dapat Anda praktikkan untuk melapangkan rejeki Anda di dunia.

Subhanallahi wabihamdihi, Subhanallahil 'adzim, Astaghfirullah 100 X

Subhanallahi wabihamdihi, Subhanallahil 'adzim 100 X

Adapun waktu terbaik untuk melakukan zikir pembuka rejeki tersebut yakni dilafalkan sebelum maupun setelah salat subuh. Sementara itu, bacaan zikir untuk mempermudah segala urusan Anda didunia yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut.

Yaa Hayyu Yaa Qoyyum, bi-rohmatika as-taghiits, wa ash-lih lii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin Abadan.

Bacaan tersebut mengandung arti “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri (tidak butuh segala sesuatu), dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata (tanpa mendapat pertolongan dariMu).”

Penutup 

Perlu diperhatikankan bahwa kita sebagai manusia, apa yang menjadi jodoh dan rejeki dan berbagai hal lainnya sudah di dijamin oleh Allah SWT, dimana kita sebagai hambanya diwajibkan untuk meraihnya, meraih yang sudah ada.

Dalam meraih rejeki tersebut, akan lebih terarah jika mempraktekkan amalan-amalan pembuka rejeki, baik yang sudah disinggug dalam artikel ini, ataupun yang belum.

Nah, itulah beberapa amalan pembuka rejeki dalam Islam yang perlu Anda praktikan guna memperlancar rejeki Anda selama menjalani kehidupan di dunia. Perbanyaklah melakukan amalan-amalan di atas agar bisa melapangkan rejeki Anda.