Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cucu Risma Diusir dari Playground Mall Surabaya! Warganet Geram

Cucu Risma
Cucu Risma Di Usir Dari Playgroun


Warganet merasa kagum dan speechless dengan tanggapan Menteri Sosial, Tri Rismaharini terkait cucunya yang diusir dari tempat bermain di salah satu Mall Surabaya. Pasalnya, kabar tersebut sempat memicu keributan yang mana banyak yang tidak terima akan perlakuan petugas playgorund di Mall Surabaya tersebut. Cucu Risma diusir dari Mall bukanlah hal yang perlu dibesar-besarkan, menurut pendapat Risma.

Alasan Petugas Cucu Risma Diusir

Petugas tersebut memiliki alasan tersendiri kenapa harus mengusir cucu dari Menteri Sosial tersebut. Di mana petugas tersebut hanya menjalankan tugasnya sebagai karyawan di sana. Ia mengikuti SOP yang berlaku saat bertugas. Ketika ia melihat anak kecil yang tidak mengenakan masker, maka petugas tersebut menghimbau anak tersebut tidak masuk ke area bermain. Karena hal tersebut merupakan salah satu protokol kesehatan yang telah ada dalam SOP nya.

Alasan tersebut telah di tolak mentah oleh netizen, pasalnya, terdapat anak kecil lain yang juga tidak mengenakan masker. Lantas kenapa hanya cucunya Risma yang diusir dari Mall?

Ayah dari anak tersebut alias putra Bu Risma pun merasa kecewa dan ia merasa telah di diskriminasi akan tindakan petugas tersebut. Bahkan keributan pun tak terelakan lagi. Karena ayahnya melakukan protes kepada petugas tersebut, namun petugas tersebut tetap ngotot dalam menjalankan SOP yang berlaku, dan ia tidak mau merasa bersalah yang sebenarnya hal itu adalah perbuatan diskriminasi. Karena anak kecil yang tidak mengenakan masker juga tidak di usir seperti anaknya.

Tanggapan Bu Risma

“Mungkin cucuku elek (jelek),” itulah tanggapan santai dari Risma mantan Walikota Surabaya tersebut. Dalam menanggapi berita cucu Risma diusir dari Mall, beliau hanya menanggapinya dengan santai. Karena beliau menganggap bahwa kejadian tersebut tidak perlu di besar-besarkan.

Latar belakang dari kejadian tersebut, ternyata cucunya Risma memiliki penyakit asma. Di mana penyakit tersebut kambuh saat ia marah karena di usir dari playground Mall di Surabaya.

Jika kita telisik lebih dalam mengenai peraturan pemerintah di Indonesia, bahwa saat ini kita sedang berada di masa Pandemi menuju Endemi. Di mana kita yang sebelumnya sedang terkena pandemi wabah virus Corona, kini telah berakhir. Dengan begitu, pemerintah sudah tidak mewajibkan adanya mengenakan masker di tempat umum.

Penerapan Protokol Kesehatan

Namun hingga sekarang masih banyak perusahaan dan fasilitas umum yang tetap mewajibkan masker. Alih-alih, mereka memiliki alasan tersendiri bahwa untuk jaga-jaga atau antisipasi jikalau pandemi tersebut datang lagi.

Kita tidak pernah tahu kapan pandemi akan datang, seperti saat pandemi virus corona yang datang dengan tiba-tiba tanpa adanya persiapan dari diri kita. Di sini sebenarnya tidak ada yang salah, jika perusahaan atau fasilitas umum tetap menggunakan protokol kesehatan yaitu wajib masker, maka diskriminasi pun tidak boleh terjadi.

Seperti yang terjadi pada cucu Risma yang di usir dari Mall tersebut merupakan ketidak adlian. Karena seperti ulasan di sebelumnya, bahwa terdapat anak kecil lain yang juga tidak mengenakan masker, tapi tidak di usir. Hanya cucu Risma saja yang di usir.

Jika perusahaan atau fasilitas umum tetap menggunakan protokol kesehatan wajib masker, setidaknya anak kecil lain yang tidak mengenakan masker pun sebaiknya juga perlu di usir atau tidak boleh berada di area tersebut.

Kini belum ada tanggapan lanjut dari petugas Playground Mall Surabaya terkait berita tersebut. Karena Risma sudah tidak memperkarakan kejadian tersebut. Bahkan beliau hanya menganggap bahwa ini hanyalah problem solving yang terjadi pada human error.